-SELAMAT DATANG DAN KORAN HARIAN KONPAK

Minggu, 19 Oktober 2014

Polda Apresiasi Warga Lanny Jaya Laporkan KSB

August 5, 2014 4:14 am by: Category: Berita Leave a comment A+ / A- 
 
JAYAPURA – Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengapresiasi warga Kabupaten Lanny Jaya dan daerah sekitarnya yang selalu memberikan informasi keberadaan Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang sering beraksi mengganggu keamanan.
“Kami beri apresiasi kepada warga Lanny Jaya dan sekitarnya yang selalu berikan informasi, dan dukungan kepada TNI/Polri dalam mengejar kelompok pengganggu keamanan itu,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Sulistyo Pudjo, di Jayapura, Senin petang.
Ia mengatakan KSB atau KKB yang beroperasi di Lanny Jaya belakangan ini sering melakukan aksi kekerasan, termasuk menembaki aparat keamanan yang bertugas.
Bahkan melakukan pemerasan, pemalakan dan pemaksaan kepada para pengusaha, kontraktor dan pejabat di daerah itu.
“Konvoi kendaraan Brimob yang akan menjembput Sekda Lanny Jaya Christian Sohilait saja ditembaki pada pagi tadi sekitar pukul 06.30 WIT,” katanya.
Beruntung saja, dalam insiden tersebut, kata mantan Wadir Intelkam Polda Papua itu, tidak ada korban jiwa.
Hanya seorang anggota Brimob yang terkena selongsong peluru dari rekannya yang mencoba membalas tembakan kelompok pengacau keamanan itu, di sekitar Kampung Wiringgambut dan Kampung Jiwili, Distrik Tiom.
“Dari kejadian tadi pagi diartikan sekali lagi bahwa kelompok kriminal bersenjata pimpinan Purom Wenda memiliki motif mengganggu kegiatan pembangunan masyarakat. Bayangkan bahwa kelompok ini hendak mengganggu berbagai kegiatan masyarakat yang ada di kabupaten Lany Jaya,” katanya.
Pudjo menjelaskan bahwa rombongan Sekda Lanny Jaya sebenarnya sedang mengantar para guru-guru untuk kegiatan ‘refreshment’ ilmu dan pelatihan.
Dimana kegiatan itu sangat penting untuk meningkatkan kualitas anak-anak usia sekolah di Lany Jaya dalam bidang pendidikan yang merupakan bagian dari upaya Bupati Lanny Jaya Befa Jigibalom untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di daerah itu.
“Jadi dapat di artikan bahwa KKB atau KSB langsung dan tidak langsung mengganggu keamanan di sana. Mereka Sangat antiupaya pembangunan SDM anak-anak di Lanny Jaya,” katanya.
Tujuan lain dari para KSB atau KKB itu, lanjut Pudjo, yakni mengganggu kerja pemerintahan di Kabupaten Lanny Jaya, karena yang disasar adalah para pejabat seperti serangan kepada rombongan Sekda Lanny Jaya.
“Gangguan-gangguan kamtibmas ini harus di hentikan segera karenanya kami minta masyarakat untuk mendukung TNI dan Polri. Jangan sekali-kali takut dan mengikuti ajakan dari Purom Wenda dan Enden Wanimbo. Laporkan terus informasi yg selama ini sangat bagus mengalir kepada Polri dan TNI atas keberadaan kelompok tersebut,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar