-SELAMAT DATANG DAN KORAN HARIAN KONPAK

Minggu, 12 Oktober 2014

Keberadaan Brigadir Maikel Masih Misterius

Sebelumnya ia dikabarkan diculik di Papua.
ddd
Kamis, 2 Oktober 2014, 19:10
Lembah Baliem di Wamena, Papua.
Lembah Baliem di Wamena, Papua.(Antara/ M Agung Rajasa)
VIVAnews - Seorang anggota Polisi di Papua yang sebelumnya dilaporkan diculik Organisasi Papua Merdeka (OPM), dinyatakan hilang. Sebab, Kepolisian Daerah Papua belum mengetahui keberadaan anggotanya yang bernama Brigadir Polisi Maikel Bano itu.

Sebelumnya ia dilaporkan ditikam oleh kelompok pemberontak OPM, tapi Polisi tak menemukan jasadnya bila sudah tewas. Hanya ditemukan helm dan jaket dengan noda darah yang diduga milik Brigadir Polisi Maikel Bano di tempat kejadian perkara di Kampung Munak, Distrik Bolakme, pada Kamis, 2 Oktober 2014. Pihak OPM pun mengaku belum mengetahui peristiwa itu.

"Kami masih selidiki kenapa hilang, dan bagaimana kondisinya sekarang," kata Juru Bicara Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Pudjo Sulistyo, di Jayapura, Kamis, 2 Oktober 2014.

Pudjo menceritakan kronologi hilangnya Brigadir Polisi Maikel Bano. Sehari sebelumnya, yakni Rabu, 1 Oktober, Maikel Bano mampir ke Polsek Bolakme untuk berteduh dari hujan. Saat itu ia bertemu anggota Polsek Bolakme, Brigadir Polisi Martinus Hisage. Setelah hujan reda, Maikel melanjutkan perjalanan.

"Saat hendak jalan, rekannya, Martinus Hisage, sudah melarang karena sudah malam dan berbahaya, sebaiknya menginap di Polsek saja. Tapi Brigpol Maikel tetap melanjutkan perjalanannya," katanya.  

Ia diketahui hilang setelah Asisten II Bupati Kabupaten Jayawijaya melaporkan ke Polres Jayawijaya tentang adanya aksi penikaman terhadap Maikel di Kampung Munak Distrik Bolakme, pada Kamis. Menurut laporan, Maikel tewas di tempat setelah ditikam.

Tim Reserse bersama puluhan personel lainnya langsung menuju lokasi kejadian untuk mengecek tapi tak menemukan apa pun, kecuali helm dan jaket dengan bercak darah yang diduga milik Maikel. Pencarian terus dilakukan hingga sore tapi belum membuahkan hasil.

Polisi menduga, jika memang benar terjadi penikaman, jasad korban dipindahkan. "Dari jejak yang ditemukan di TKP, kemungkinan jasadnya dipindahkan para pelaku. Ini yang masih terus ditelusuri," kata Pudjo.

Maikel Bano bertugas di Kepolisian Resor Jayawijaya, Papua. Ia sebelumnya dilaporkan diculik di sekitar Distrik Bolakme Wamena, tidak jauh dari pos polisi tempatnya bertugas.

Panglima OPM Wilayah Lapago Lany Jaya, Puron Wenda, menolak berkomentar banyak. Ia bahkan mengaku belum mengetahui kabar itu. "Wilayah kami, kan, di Lany Jaya. Saya belum tahu ada kejadian itu," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar