Sabtu, 04 Oktober 2014

Wakil Bupati Kabupaten Lanny Jaya Provinsi Papua, Bertus Kogoya ,Saya Siap Jadi Jaminannya,Masalah Keamanan .

Rabu, 24 September 2014 14:15
Wakil Bupati Kabupaten Lanny Jaya Bertus Kogoya (tengah) foto bersama dengan Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende bersama rombongan dari Asisten Operasi Mabes Polri sedang foto bersama di halaman Kantor Bupati Lanny Jaya dalam kunjugannya baru-baru ini. (ist)

JAYAPURA – Wakil Bupati Kabupaten Lanny Jaya Bertus Kogoya mengatakan, situasi di Kabupaten Lanny Jaya saat ini sudah cukup aman. Bahkan selaku Wakil Bupati menjamin, ke depan tidak akan terulang lagi aksi-aksi penembakan yang dilakukan kelompok sipil bersenjata seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. 
Penyampaian itu diungkapkan Wakil Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Bertus Kogoya di depan Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Yotje Mende dan beberapa perwira dari Mabes Polri saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Lanny Jaya beberapa hari lalu. 
Ketika itu rombongan Kapolda diterima langsung Wakil Bupati di ruang kerja Bupati Lanny Jaya. “Ketika itu saya perintahkan Sekda ke Wamena menjemput Kapolda dan Rombongan, selanjutnya saya yang menerima rombongan di ruang Bupati Lanny Jaya,”katanya saat menghubungi Bintang Papua semalam dari Wamena. Berita ini sekaligus mengklarifikasi pemberitaan di salah satu media lokal sebelumnya yang menyebutkan Sekda sebagai sumber beritanya.
Dikatakan, dengan pertimbangan situasi yang sudah aman ini, Wabup memohon kepada Kapolda Papua untuk menarik kembali pasukan tambahan yang selama ini didatangkan ke Lanny Jaya. Sebab diakui sampai saat ini masih banyak masyarakat yang enggan kembali ke rumah karena takut dengan aparat. “Karena itu saya mohon kepada bapak Kapolda untuk tarik pasukan yang didatangkan dari berbagai daerah, saya bilang sama Pak Kapolda Saya Wakil Bupati sebagai jaminan, jadi mohon pasukan ditarik,”katanya. Diakui jaminan ini sangat besar resikonya, namun dia rela demi untuk masyarakatnya, dan kelangsungan pembangunan Kabupaten Lanny Jaya. 
Dalam percakapan itu katanya, Kapolda Papua sempat menanyakan bagaimana jika pasukan sudah telanjur ditarik lantas aksi penembakan sipil berjata terulang lagi? Saya bilang mulai hari ini dan seterusnya saya jamin tidak akan terulang lagi aksi-aksi penembakan di Lanny Jaya dan saya beranikan diri sebagai jaminannya,”katanya. 
Lanjutnya permohonan itu mendapat respon positif dari kapolda, hanya saja kapolda berjanji akan menarik pasukan itu secara bertahap tidak sekaligus. 
Ditambahkan, dengan adanya kunjungan kerja Kapolda Papua bersama tim Mabes ke Lanny Jaya suatu bukti bahwa Lanny Jaya sudah cukup aman. Ia juga berjanji dalam waktu dekat akan segera menghadap Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua untuk melaporkan situasi terkini di Lanny Jaya. (don/don)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar